Tahukah Kawan akan Terjadi Gerhana Bulan Tepat Tahun Baru 2010
Kamis, Desember 31, 2009 | Author: DUNIA REDAKSI PIJAR PAGI
Kawan, jika kita renungi ternyata ada “keajaiban dan keanehan dibalik kebetulan”. Benarkah demikian? Pasalanya beberapa peristiwa yang teleh kita lewati memang demikian adanya. Misalnya Tahun baru Hijriyah terjadi pada hari jumat, Hari natal pada hari jumat hingga tahun baru masehi pun pada hari jumat. Ditambah lagi baru-baru ini diberitakan akan ada gerhana bulan pada tanggal 1 Januari 2010 tepat tahun baru 2010. Sebenarnya ada apa degan hari jumat? Tentu hanya Alloh Azzawajala saja yang mengetahui rahasia di balik fenomena ini, termasuk kebenaran rumor kiamat 2012. Sungguh ini adalah kuasaNya yang benar-benar nyata. Alangkah baiknya fenomena-fenomena yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi menjadi bahan renungan bagi kita bukan sebagai angin lalu belaka.

Kawan, menurut informasi yang saya dapatkan dua gerhana bakal terjadi pada Januari 2010. Gerhana tersebut terbagi menjadi 2 periode yakni gerhana bulan tepat pada saat 1 Januari 2010 dinihari. Kemudian disusul gerhana matahari 14 hari setelahnya yakni pada tanggal 15 Januri 2010. Peristiwa gerhana bulan akan berlangsung selama kurang lebih satu jam yakni antara pukul 01.53 WIB sampai 02.53 WIB. Sedngakan untuk dareah Papua, peristiwa gerhana bulan masih bisa dilihat pada saat menjelang pagi yakni antara pukul 03.53-02.53 WIB. Namun gerhana bulan tersebut hanya menutupi sebagain kecil saja yakni sekitar 7% sehingga akan terlihat hanya bayangan kecil. Fenomena gerhana bulan ini hanya bias disaksikan diwilayah-wilayah yang sedang mengalami waktu malam ketika fenomena itu berlangsung.
Pada gerhana matahari yang akan terjadi 15 Januari 2010 merupakan gerhana cincin (annular) namun untuk wilayah Indonesia yang tampak adalah gerhana sebagaian (parsial). Sehingga hanya kawasan tertentu di Indonesia saja yang bisa menyaksikannya.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bahwa gerhana cincin tersebut melintasi wilayah Afrika bagian selatan, India, Thailand dan China. Sedangkan wilayah bagian Indonesia melewati Sumatera, Kalimantan, Jawa bagian Barat dan tengah serta Sulawesi bagian Utara.

Waktu Gerhana Matahari di Indonesia terjadi pada saat sore hari tergantung wilayahnya. Berlangsung antara pukul 15.00-16.00 WIB. Selain itu penampakan gerhana Matahari di masing-masing wilayah Indonesia juga berbeda-beda. Di Jawa penampakan hanya mencapai sekitar 10 persen, di Kalimantan sekitar 5-20 persen, di Sulawesi hanya 0-7 persen. Sedangkan untuk Sumatera mencapai 10-60 persen. Yang paling baik di Aceh sekitar 60 persen.

oleh: Syaiful Rachman

sumber Gambar: andrhey.files.wordpress.com
|
This entry was posted on Kamis, Desember 31, 2009 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: